membedakan soal larutan penyangga dengan hidrolisis

Bagaimana membedakan SOAL Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam?

Bismillahhirrahmannirrahim.



Bagi kita yang memang baru saja naik kelas 3 IPA, tentu masih ingat dengan subbab kimia mengenai Larutan Penyagga dan Hidrolisis Garam. Kalau dilihat secara kasat mata 2 subbab ini memiliki soal yang rada mirip apalagi jika dalam soal itu, yang diketahui adalah PEREAKSI-nya dulu, sehingga kita harus rumit mencari M,B,S. Yang akhirnya saat ada ulangan harian, besar kemungkinan kita akan melakukan “maksiat”, atau paling tidak “retry”(remedial) . Dan berasumsi bahwa ini sesulit membedakan suara Alex Turner dengan Miles Kane, duo vokalis grup The Last Shadow Puppets.



Tapi ternyata jika mata kita jeli dan sering melihat soal – soal Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam. Ada suatu perbedaan kecil dalam larutan PEREAKSI-nya yang akan memudahkan kita dalam mengerjakan soal – soal ini, perhatikan soal – soal berikut ini:



Larutan Penyangga:

Tentukan pH larutan penyangga yang dibuat dengan mencampurkan 50mL larutan NH3 0,2M dengan 50mL larutan HCl 0,15M. (Kb NH3 1x10-5)



Hidrolisis Garam:

Sebanyak 50mL larutan NaOH O,1M dicampurkan dengan 50mL larutan HCl 0,1M. Tentukan pH campuran. (Ka CH3COOH = 1,8 x 10-5)




Perhatikan perbedaan kedua soal tersebut. Dalam soal Larutan Penyangga, larutan pertama dan kedua memiliki perbedaan saat diubah kedalam bentuk mol, sehingga salah satu pereaksi bersisa. Sedangkan soal kedua, larutan pertama dan kedua memiliki persamaan saat diubah menjadi mol, sehingga kedua pereaksi habis bereaksi.




Jadi kesimpulannya kita cukup melihat angka yang muncul dalam kedua soal tersebut, dan ini tidak sesulit membedakan suara duo vokalis band side project The Last Shadow Puppets yang digawangi Alex Turner (Arctic Monkeys) dan Miles Kane (The Rascal), selamat mecoba!

1 Response to "membedakan soal larutan penyangga dengan hidrolisis"

  1. Unknown says:

    blognya keren binggo

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme